PELAYANAN PKB DI SAMSAT KINI CEPAT ,TAK SEPERTI DULU LAGI - Manisrenggo Information
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » PELAYANAN PKB DI SAMSAT KINI CEPAT ,TAK SEPERTI DULU LAGI

PELAYANAN PKB DI SAMSAT KINI CEPAT ,TAK SEPERTI DULU LAGI

Written By kiswanto adinegara on Sunday, February 1, 2015 | 7:45 PM




Manisrenggo ~  Pemerintah provinsi Jawa Tengah cq Dinas Pendapatan dan Pengelolan Aset Daerah ( DPPAD ) telah berkomitmen memberikan pelayanan prima bagi setiap wajib pajak di Jawa Tengah , salah satunya pajak kendaraan bermotor ( PKB ).

Untuk wilayah kabupaten Klaten pelayanan PKB di Samsat induk di Jalan Merbabu nomor 12 Klaten telepon 0272 – 321 764 dan ditambah Samsat pembantu yang berada di kecamatan Delanggu dan Prambanan guna mendekatkan pelayanan pada masyarakat.

Karena pada prinsipnya pemberian pelayanan publik yang berkualitas dan mampu memberikan kepuasan bagi masyarakatnya merupakan  kewajiban yang harus dilakukan oleh pemerintah.

Apa itu pelayanan prima ?

Tujuan pelayanan prima yakni memuaskan dan atau sesuai dengan keinginan pelanggan.Oleh karena itu mutu pelayanan adalah kesesuaian antara harapan dan atau keinginan dengan kenyataan.

Pelayanan prima ,juga dapat dimaknai dalam sebuah kata ‘respek’.Respek dalam kegiatan pelayanan  berarti  menghormati atau menghargai kepentingan orang lain ‘, maka dalam pelayanan selayaknya ‘menambahkan sesuatu yang  tidak dapat dinilai dengan uang ,dan itu adalah ketulusan dan integritas’.

Tuntutan masyarakat dalam hal pelayanan publik salah satunya PKB sejak reformasi adalah bentuk transparansi , akuntabilitas serta kecepatan.

Samsat Klaten sejatinya telah lama berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik pada  pelayanan perpajakan BBNKB dan PKB.Dengan menyinergikan seluruh aparat penyedia layanan  secara optimal satu sama lain untuk mewujudkan pelayanan yang terbaik.

Sebagaimana diakui sejumlah wajib pajak salah satunya Haryadi warga Wedi : “ bahwa saat ini membayar PKB di Samsat cukup memuaskan karena dinilai transparan , akuntabel dan cepat , beda jauh dengan dulu “ katanya pada klaten info di Samsat Pembantu Prambanan.

Hal senada juga diakui Doni “ Membayar PKB di Samsat Prambanan cukup puas dan menyenangkan dilihat dari sisi keterbukaan , pertanggungjawaban publik serta kecepatannya  , hanya sekitar setengah jam sejak foto copy berkas hingga memperoleh STNK yang sudah disahkan “ tuturnya .

“ Sayangnya untuk PKB lima tahunan yang harus ganti STNK dan PNKB baru belum bisa tuntas hari sehari , hanya diberi surat ketetapan pajak daerah  ( SKPD ) PKB yang dibubuhi keterangan berlaku sebagai STNK dan TNKB nya belum dicetak “

“ Hal demikian membuat tidak efisien mengingat wajib pajak harus nelpon dan bolak-balik ke Samsat lagi “ katanya mengakhiri pembicaraan.

Oleh : Kiswanto



Share this article :

0 comments:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Manisrenggo Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info