SEPUCUK SURAT BUAT TEMAN - TEMAN FACE BOOKER - Manisrenggo Information
Headlines News Klaten.Info :
Home » , , » SEPUCUK SURAT BUAT TEMAN - TEMAN FACE BOOKER

SEPUCUK SURAT BUAT TEMAN - TEMAN FACE BOOKER

Written By kiswanto adinegara on Thursday, October 16, 2014 | 11:14 PM

 
Rumah mBah Tugiyem yang pernah roboh


Yth Teman2 perespon posting mBah Dablok alias Tugiyem yang hidup sebatangkara di tanggul Kali Woro ( 13/10 ).

Sambil menunggu dimuatnya artikel selengkapnya yang telah dikirim di www.klaten .info , dirasa perlu penjelasan tentang kisah manusia terasing di zaman modern ini ,agar tidak muncul berbagai interpretasi.

Atas dasar investigasi eksklusive disertai wawancara dengan mBah Tugiyem ( 13/10 ) pagi ,inilah sekilas kisah pilu manusia renta yang hidup terasing dari pemukiman warga Kedusan itu.

Sekitar 20 tahun silam , mbah Tugiyem diasingkan dari komunitas warga Kedusan dimana ia dilahirkan dan dibesarkan oleh orang tuanya , karena divonis edan alias gila dan ulahnya sering mengganggu ketenteraman ,serta keamanan jika kumat mengamuk dan merusak

Kala itu mBah dablok di rumahkan sorang diri dalam gubuk kecil tak layak huni ,pernah ambruk dan kini telah diprbaiki warga dengan dinding batako.

Pernah awalnya ditemani adiknya ,tapi setelah nikah adiknya pergi ke Sumatera ,sementara ia tak memiliki suami dan anak .Kedua ortunya Pairo kenul telah berpulang kerahmahtullah.

Mbah Dablok kini hidup sebatangkara dengan hanya ditemani seekor anjing jantan berwarna coklat kekuningan yang setia.

Untuk mempertahankan hidupnya ia mencari sisa padi hasil panen petani , menjual dedaunan ,meminta dan menunggu pemberian warga yang peduli ,tidak ada penghasilan tetap bagi perempuan 90 th an itu.

Penerangan jika malam dulu pakai senthir kini ada aliran listrik dari warga , mengambil air untuk hidupnya dari kali Woro.

Diusia senja ia nampak sehat dan bisa diajak komunikasi secara jelas,kendatipun sering kurang konsisten.

Maksud kisah pilu ini kami angkat adalah demi rasa kemanusiaan , jngan sampai karena vonis kurang waras akhirnya memperlakukan seorang insan makhluk Tuhan Allah SWT secara semena-mena bahkan jauh dari manusiawi.

Juga mengetuk hati semuanya baik secara pribadi , kelompok ,komunitas , lembaga atau pemerintah untuk peduli ,setidaknya untuk menolong mbah Dablok dari situasi yang memprihatinkan ini.

Syukur , ada solusi yang lebih baik ,indah dan manusiawi sehingga dapat mengangkat harkat martabat mbah Dablok sebagai seorang hamba Allah SWT , waktu belum terlambat ayo siapa yang akan peduli.

Menurut informasi terkini alamat mbah Dablok ada yang benar yakni padukuhan Kedusan ,desa Borangan ,kec Manisrenggo ,kab Klaten atau ancar-ancar Tugu Pancasila ( Baldes Borangan ) keutara kl 500 m ,ketimur ada Gapura dukuh Kedusan - jembatan Jasa Raharja - 15 meter sebelah utaranya disitulah rumah dinas Mbah Tugiyem berada.

Terima kasih atensinya dan mohon maaf atas segala kekurangan...salam kemanusiaan

Hormat kami

Kiswanto Adinegara
Foto Kiswanto Adinegara. Mbah Dablok ditemani anjing kesayangannya
Share this article :

0 comments:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Manisrenggo Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info