BANJIR LAHAR HUJAN TERJANG KALI WORO - Manisrenggo Information
Headlines News Klaten.Info :
Home » » BANJIR LAHAR HUJAN TERJANG KALI WORO

BANJIR LAHAR HUJAN TERJANG KALI WORO

Written By kiswanto adinegara on Wednesday, March 5, 2014 | 8:58 PM

 
 Banjir Lahar Hujan Kali Woro ( 5/3 ) ( Foto : Dedi Hermawan )

Manisrenggo ~  Hujan dengan intensitas tinggi dan cukup lama Rabu Pon (5/3) sore hari di puncak Merapi serta DAS Kali Woro menyebabkan terjadinya banjir lahar hujan yang terbesar selama dua tahun terakhir.Banjir lahar dingin tersebut menerjang Kali Woro dan melintasi beberapa sabo dam yang baru saja rampung dibangun akhir 2013 lalu.

Walaupun banjir cukup besar namun tidak ada korban jiwa maupun harta benda yang berarti  ,kecuali tanaman pertanian semusim yang ada di badan sungai menjadi porak poranda.

Luapan banjir di sabo dam Junut dan Borangan yang sekaligus berfungsi sebagai jembatan penghubung  lalu lintas Manisrenggo – Kemalang – Karangnongko  sempat terganggu beberapa jam.Para relawan menghimbau para pengguna jalan agar menunggu setelah banjir surut atau kembali mencari jalur alternatif demi keselamatan mereka.

Menurut pantauan kontributor klaten info pasca banjir reda nampak material tambang golongan C yang berupa pasir menumpuk di badan Kali Woro ,dan pagi harinya menjadi arena penambangan manual baru bagi warga sekitarnya.

Sebagaimana di rilis Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta beberapa waktu yang lalu ,bahwa deposit hasil erupsi Merapi tahun 2010 yang tersisa di puncak masih cukup besar jumlahnya.
Diperkirakan yang akan mengalir ke Kali Woro sebesar sebesar 3,9 juta meter kubik atau 6,74 % dari  total perkiraan material yang tersisa di puncak Merapi sebesar 57,8 juta meter kubik.

Oleh karenanya jika terjadi hujan deras di hulu Merapi warga dibantaran Kali Woro dan para penambang pasir diminta waspada dan menghentikan kegiatan serta segera menjauh dari lokasi untuk mengamankan diri dari kemungkinan terjadinya bencana.

Oleh : Kiswanto




Share this article :

0 comments:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Manisrenggo Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info