PEMERINTAH INGATKAN ANCAMAN BANJIR LAHAR DINGIN - Manisrenggo Information
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » PEMERINTAH INGATKAN ANCAMAN BANJIR LAHAR DINGIN

PEMERINTAH INGATKAN ANCAMAN BANJIR LAHAR DINGIN

Written By kiswanto adinegara on Tuesday, January 7, 2014 | 12:36 AM

  Dam Junut yang berfungsi sebagai jembatan saat mulai diperlebar.



Manisrenggo  ~ Intensitas hujan sangat deras lazimnya terjadi pada awal musim penghujan hingga bulan Januari.Namun hingga awal Januari 2014 nampaknya belum terjadi hujan dengan intensitas sangat deras atau ekstrem yang berdampak melarutkan material yang masih berada di puncak Merapi.Jadi dimungkinkan hujan deras masih akan terjadi hingga akhir bulan Januari 2014 ini.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta,ketika memasuki musim penghujan telah mengingatkan agar warga utamanya yang bermukim di bantaran atau beraktifitas di sungai –sungai berhulu Merapi mewaspadai adanya ancaman banjir lahar akibat hujan deras dipuncak.

Peringatan itu juga terpampang di lokasi strategis sepanjang Kali Woro yang membelah wilayah kecamatan Kemalang dan Manisrenggo kabupaten Klaten.Waspadai jika puncak Merapi terlihat berawan gelap  ,kemudian hujan kemungkinan daerah bawah akan menerima kiriman banjir lahar dingin.

Pengalaman tahun lalu,sejumlah truk pengangkut hasil penambangan galian C di Kali Woro terkena musibah banjir saat sedang asyik beraktifitas ditengah Kali tanpa menghiraukan situasi dan peringatan yang diberikan.

Menurut BPPTKG potensi banjir lahar hujan yang dapat mengalir di Kali Woro sebesar 3,9 juta meter kubik atau 6,74 % dari  total perkiraan material yang tersisa di puncak Merapi sebesar 57,8 juta meter kubik.

Sejumlah Sabo Dam sepanjang Kali  Woro tahun ini diperbaiki terutama yang rusak saat erupsi Merapi tahun 2010 lalu,diantaranya Dam Borangan, Dam Junut ,Dam Jaten di Manisrenggo dan Dam Karangbutan di Kemalang.

Khusus Dam Junut yang juga berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan Kemalang – Manisrenggo diperlebar  badan bendungnya.Dengan demikian jika terjadi papasan dua kendaraan roda empat tidak perlu antri lagi,namun tetap harus waspada dan hati-hati.

Proyek perbaikan sejumlah Sabo Dam telah selesai  dikerjakan menjelang akhir tahun anggaran 2013 kemarin,sehingga apabila terjadi banjir secara teknis dinilai aman.

Oleh: Kiswanto
Share this article :

0 comments:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Manisrenggo Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info