SELAMAT HARI IBU DAN MEMAHAMI SEJARAH TERJADINYA - Manisrenggo Information
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » SELAMAT HARI IBU DAN MEMAHAMI SEJARAH TERJADINYA

SELAMAT HARI IBU DAN MEMAHAMI SEJARAH TERJADINYA

Written By kiswanto adinegara on Sunday, December 22, 2013 | 4:17 PM

    Selamat Hari Ibu (Sumber FB)



Manisrenggo ~ Setiap tanggal 22 Desember masyarakat Indonesia tahu merupakan hari Ibu.Namun cara memaknainya sangat beragam.Bahkan ada sejumlah Ibu-Ibu yang pada hari itu minta diperlakukan ‘istimewa’ yakni sehari bebas tugas sebagai ibu penata kelola keluarga dan ingin dilayani suami dan anak-anaknya.

Disamping itu merayakan hari ibu banyak diwarnai sebagaimana hari kasih sayang,seperti diberbagai media massa dan jejaring sosial.

Memaknai hari Ibu saat ini agaknya telah dinilai kian menjauh dari sejarah terjadinya saat sebelum kemerdekaan NKRI.Banyak generasi muda yang tidak paham akan sejarah hari Ibu.

Sejarah Hari Ibu

Peringatan Hari Ibu diawali dari berkumpulnya para pejuang perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatra dan mengadakan Konggres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta. 

Salah satu hasil dari kongres tersebut salah satunya adalah membentuk Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani).

Namun penetapan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu diputuskan dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938. Bahkan, Presiden Soekarno menetapkan tanggal 22 Desember ini sebagai Hari Ibu melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959.

Para pejuang perempuan tersebut berkumpul untuk menyatukan pikiran dan semangat untuk berjuang menuju kemerdekaan dan perbaikan nasib kaum perempuan. Para feminis ini menggarap berbagai isu tentang persatuan perempuan Nusantara, pelibatan perempuan dalam perjuangan melawan kemerdekaan, pelibatan perempuan dalam berbagai aspek pembangunan bangsa, perdagangan anak-anak dan kaum perempuan.

Bedanya dengan jaman sekarang, para pejuang perempuan itu melakukan pemikiran kritis untuk perkembangan perempuan, tanpa mengusung kesetaraan jender.

Penetapan Hari Ibu ini diilhami oleh perjuangan para pahlawan wanita abad ke-19 seperti M. Christina Tiahahu, Cut Nya Dien, Cut Mutiah, R.A. Kartini, Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Achmad Dahlan, Rangkayo Rasuna Said dan lain-lain.

Selain itu, Hari Ibu juga merupakan saat dimana kita mengenang semangat dan perjuangan para perempuan dalam upaya perbaikan kualitas bangsa ini (sumber www.ayahbunda.co.id).

Pada peringatan hari ibu 22 Desember 2013 ini,disamping diciderai perilaku tidak pantas oleh segelintir oknum pejabat perempuan atau Ibu ( Ratu Atut C Gubernur Banten ditahan KPK 20/12 , Angelina Sondakh mantan anggota DPR RI vonis 12 tahun penjara dan Rina mantan Bupati Karanganyar tersangka ,mereka melakukan korupsi saat menjabat ),juga masih ditemui seorang ibu tiri bernama Ervina di  Kampar,Riau  yang tega menyiksa dengan kejam anak tirinya bernama Adit .

Selamat hari Ibu,mari kita luruskan niat dan mawas diri demi hari esok yang lebih baik.

Oleh : Kiswanto



Share this article :

0 comments:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Manisrenggo Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info