PERBAIKAN SALURAN IRIGASI UNTUK TINGKATKAN LUAS PANEN PADI - Manisrenggo Information
Headlines News Klaten.Info :
Home » » PERBAIKAN SALURAN IRIGASI UNTUK TINGKATKAN LUAS PANEN PADI

PERBAIKAN SALURAN IRIGASI UNTUK TINGKATKAN LUAS PANEN PADI

Written By kiswanto adinegara on Sunday, October 20, 2013 | 7:13 PM

Saluran irigasi yang dibangun di desa Bendan sepanjang 270 meter.
Manisrenggo ~  Komoditas tanaman pangan khususnya padi merupakan bahan pangan utama masyarakat sehingga memiliki peran dan fungsi strategis .Kecamatan Manisrenggo yang memiliki luas wilayah 2.696,20 ha,seluas 1.518 ha berupa lahan sawah.

Menurut BPS Klaten ,2011 untuk padi sawah luas panen adalah 2.828 ha , artinya mengalami penurunan 0,24 % dibanding tahun sebelumnya.

Guna meningkatkan luas panen padi kedepan ,kebijakan perencanaan pemanfaatan sejumlah anggaran dari pemerintah digunakan untuk perbaikan saluran irigasi.

Sebagaimana di desa Bendan pada tahun 2013 ini,dana dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) dimanfaatkan untuk memperbaiki saluran irigasi.

Total dana Rp 55.613.000,00 ,yang terdiri dari PNPM-MP Rp 54.877.000,00 dan swadaya masyarakat sebesar Rp 836.000,00 dapat memperbaiki saluran secara permanen dengan volume 270 meter.

Mulyono salah seorang petani setempat mengaku senang kegiatan yang dipilih dan menjadi prioritas ini dapat dilaksanakan dengan baik.Harapan kedepan dengan dibangunnya saluran irigasi ini secara permanen kehilangan air irigasi tidak terlalu besar sehingga petani dapat memperoleh air secara cukup,dengan demikian indek pertanaman dan luas panen padi bisa meningkat,katanya pada kontributor klaten info.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 comments:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Manisrenggo Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info