JELANG PENGHUJAN SEJUMLAH DAM KALIWORO DIPERBAIKI - Manisrenggo Information
Headlines News Klaten.Info :
Home » » JELANG PENGHUJAN SEJUMLAH DAM KALIWORO DIPERBAIKI

JELANG PENGHUJAN SEJUMLAH DAM KALIWORO DIPERBAIKI

Written By kiswanto adinegara on Monday, October 21, 2013 | 7:36 PM

Dam Borangan,saat pekerjaan pelebaran dimulai
Manisrenggo ~ Wilayah kecamatan Manisrenggo sebelah timur terbelah oleh aliran Kaliworo yang sering dialiri banjir lahar dingin pasca erupsi Merapi 2010 yang lalu.Akibat besar dan kuatnya arus banjir sejumlah dam penahan banjir mengalami kerusakan.Tingkat kerusakan dam bervariasi dari ringan ,sedang hingga level berat.

Dam diwilayah Manisrenggo yang diperbaiki tahun anggaran 2013 ini diantaranya adalah Dam Borangan,di desa Borangan  dan Dam Junut di desa Sukorini

Dam Junut mengalami kerusakan yang cukup berat,sayap kanan kiri ambrol,dan badan Dam bocor,sehingga air mengalir melewati bawah pondasi Dam.Disamping akibat dari banjir saat erupsi Merapi ,kerusakan ini dipicu aktivitas penambangan dengan menggunakan excavator beberapa tahun silam,demikian dituturkan mBah Dul warga Sonokeling.

Sementara untuk dam Borangan tidak rusak sebagaimana Dam Junut,jadi sebenarnya menurut kacamata awam dam ini nyaris tak terjadi kerusakan.Namun sepertinya diperkuat dengan menambah lebar dan ketebalan Dam. Sebenarnya warga berharap perbaikan dam ini ,sekaligus dapat meningkatkan akses penghubung Borangan dengan Tambakan,seperti fungsi jembatan,mengingat arus lalu lintas cukup padat.Disamping itu jika terjadi banjir besar arus lalu lintas lazimnya ditutup ,demikian penuturan Agus warga setempat kepada kontributor klaten info.
Kondisi Dam Junut rusak berat,saat dimulai pekerjaan perbaikan
Pembangunan dam ini dilaksanakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB),Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan bekerjasama dengan beberapa kontraktor diantaranya Wijaya Karya (Wika) dan Waskita.Pekerjaan ini  merupakan proyek darurat dalam rangka antisipasi banjir lahar dingin dari Merapi.

Target pembangunan selesai sebelum akhir tahun 2013 ini,sehingga musim hujan manakala terjadi banjir bangunan fisik telah rampung dan dapat berfungsi secara optimal.

Oleh : Kiswanto
Share this article :

0 comments:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Manisrenggo Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info