Pembangunan Saluran Irigasi dan Aspalisasi Jalan jadi Prioritas Di Desa Barukan, Manisrenggo (Bag.1) - Manisrenggo Information
Headlines News Klaten.Info :
Home » , » Pembangunan Saluran Irigasi dan Aspalisasi Jalan jadi Prioritas Di Desa Barukan, Manisrenggo (Bag.1)

Pembangunan Saluran Irigasi dan Aspalisasi Jalan jadi Prioritas Di Desa Barukan, Manisrenggo (Bag.1)

Written By Klaten Info on Wednesday, January 23, 2013 | 10:42 PM

Bakungan, Karangdowo

Manisrenggo – Pada tahun anggaran 2012 kemarin pemerintah desa Barukan, kecamatan Manisrenggo memperoleh alokasi anggaran dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat –Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) dan Program Pengembangan Infrastruktur Perdesaan (PPIP). Total dana yang masuk di desa Barukan sebesar Rp 625.885.000,00 (enam ratus dua puluh lima juta delapan ratus delapan puluh lima ribu rupiah),dengan rincian Rp 377.885.000,00 dari PNPM-MP dan Rp 625.885.000,00 dari PPIP.

Pertama Pemanfaatan dana PNPM-MP Tim Pengelola Kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat –Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) desa Barukan Sugiyo (ketua) didampingi bendaharawan Tri Salam menjelaskan bahwa dengan PNPM-MP yang ada di desanya dirasakan banyak manfaat bagi masyarakat. Program Nasional tersebut betul-betul melibatkan masyarakat sepenuhnya sejak penyusunan perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasannya. Sugiyo yang pensiunan PNS 10 tahun silam tersebut merasa senang menerima amanah sebagai ketua TPK walaupun tugas mulia itu tidak ringan tanggungjawabnya.Yang terpenting adalah segala sesuatunya harus dimusyawarahkan bersama masyarakat, sehingga enak, semua merasa handarbeni, tambahnya.

Demikian juga Tri Salam yang mempunyai pengalaman 22 tahun dibidang konstruksi merasa malu jika hasil kerjanya berupa bangunan irigasi hasilnya jelek. Itulah komitmen TPK yang dipercaya masyarakat, mereka sepakat bekerja demi pengabdian, lebih baik dikenang jasa baiknya dari pada dikenal karena perbuatan yang tercela ketika mengemban amanat. Mengingat sebagian besar luas wilayah desa Barukan, kecamatan Manisrenggo berupa lahan sawah, maka dalam musyawarah desa Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat –Mandiri Perdesaan tahun 2012 diprioritaskan untuk membangun saluran irigasi. Saluran irigasi yang dibangun sepanjang 1.869 meter, berada di dua padukuhan.Padukuhan Tanjungan memperoleh jatah sepanjang 458 meter dengan jumlah petani pemanfaat 145 orang, sedangkan 1.411 meter berlokasi di padukuhan Bonoroto dengan sasaran pemanfaat sebanyak 145 orang. Kegiatan pembuatan saluran irigasi tersebut menelan dana sebesar Rp 377.885.000,00, yang dapat dirinci, pertama padukuhan Tanjungan memanfaatkan dana PNPM-MP Rp 88.218.000,00 dengan swadaya Rp 9.006.000,00, kedua padukuhan Bonoroto dengan dana PNPM-MP sebesar Rp 251.112.000,00 dengan swadaya Rp 29.549.000,00.

Waktu pelaksanaannya dimulai bulan Agustus 2012 dan selesai bulan November 2012. Tim Pelaksana Kegiatan terdiri dari ketua Sugiyo, sekretaris Azis Wahyudi dan bendaharawan Tri Salam.Untuk perencanaan PNPM-MP tahun 2013 masyarakat Barukan masih ingin menuntaskan pembangunan saluran irigasi bagi padukuhan lain yang salurannya belum permanen.

Pembangunan Saluran Irigasi dan Aspalisasi Jalan jadi Prioritas Di Desa Barukan, Manisrenggo (Bag.1)
Pembangunan Saluran Irigasi dan Aspalisasi Jalan jadi Prioritas Di Desa Barukan, Manisrenggo (Bag.2)
Oleh: Kiswanto
Share this article :

0 comments:

Tuliskan komentar Anda...

Komentar Anda mungkin akan sangat berguna bagi kami atau pembaca lain :)

Klaten Info Fanpage!

 
Support : Klaten.Info
Kontributor Berita : Kiswanto
Copyright © 2013. Manisrenggo Information - All Rights Reserved
Ingin Buat Website? klik Jasaweb.Klaten.Info